MARI BERBAGI ILMU DAN PENGALAMAN SERTA CERITA

Allah SWT menganugrahkan al hikmah (kefahaman yang dalam tentang Al Qur'an dan As Sunnah) kepada siapa yang Dia kehendaki. Dan barangsiapa yang dianugrahi al hikmah itu, ia benar-benar telah dianugrahi karunia yang banyak. Dan hanya para Ulul albab yang dapat mengambil pelajaran
Compare hotel prices and find the best deal - HotelsCombined.com

Monday, June 23, 2014

OLAH SPIRITUAL





Olah spiritual sebenarnya adalah bagian dari olah kebatinan. Tetapi karena pada masa sekarang ini banyak orang membedakan spiritual dengan kebatinan, dan memang ada sifat-sifatnya yang berbeda dengan kebatinan yang umum, apalagi ada juga orang yang mempelajari spiritual secara khusus yang tatacara pengolahannya tidak sama dengan olah kebatinan yang umum, maka dalam halaman ini dituliskan tentang pengertian spiritual yang sisi pengolahannya dan sifat-sifatnya berbeda dengan kebatinan yang umum. Tetapi jangan dilupakan bahwa sebenarnya olah spiritual adalah satu kesatuan dengan olah kebatinan, dan idealnya memang begitu, termasuk dalam hal tatacara mempelajarinya, bukan sesuatu yang berdiri sendiri.

Laku kebatinan dan spiritual sebenarnya merupakan sesuatu yang tidak terpisahkan, menjadi satu kesatuan yang dilakukan bersama-sama, hanya proporsinya saja yang berbeda-beda. Di satu saat mungkin lakunya lebih besar proporsinya untuk kebatinan, di saat yang lain mungkin porsinya lebih besar untuk spiritualitas, tergantung objek dan tujuan dari laku yang sedang dijalani.

Biasanya orang menekuni dunia spiritual bersamaan atau sebagai kelanjutan dari laku kebatinannya. Termasuk dalam laku kebatinan untuk kanuragan / kesaktian, olah spiritual dilakukan bersamaan atau sebagai kelanjutan laku kebatinannya untuk menelisik lebih dalam sisi spiritual / kesejatian dan potensi dari keilmuannya. Begitu juga dalam hal kebatinan ketuhanan, biasanya kemudian dilanjutkan menjadi laku kebatinan-spiritual ketuhanan, untuk menelisik kesejatian dan potensi dari laku ketuhanannya. Dengan demikian dari laku kebatinan dan spiritualnya itu orang tersebut menguasai sekaligus sisi kebatinan dan sisi spiritualnya, menguasai kekuatan kebatinan dan kekuatan spiritual, dan kekuatan sukmanya juga berasal dari kekuatan kebatinan dan spiritualnya tersebut.

Biasanya walaupun proses laku yang dijalani oleh seseorang adalah olah kebatinan, hasilnya akan merupakan kombinasi dari kebatinan dan spiritual. Dalam setiap sisi kebatinan yang ditekuni seseorang selalu terkandung makna spiritual yang juga harus dikuasai. Dan dalam penggunaan kekuatan kebatinan biasanya juga disalurkan melalui kekuatan pikiran, sehingga biasanya orang-orang yang menekuni kebatinan, laku kebatinannya itu bukan hanya membentuk kekuatan kebatinan, tapi juga membentuk kekuatan gaib spiritual. Dan biasanya para tokoh kebatinan dan para praktisi kebatinan, orang-orang yang benar menekuni kebatinan, biasanya mempunyai kemampuan spiritual juga.

Tetapi tidak semua orang yang menjalani olah kebatinan, maka dia juga menjalani olah spiritual. Pada jaman dulu, di Jawa, ketika manusia masih hidup di jaman kesaktian, kekuatan kebatinan merupakan sumber utama kekuatan yang melandasi kesaktian kanuragan, bukan ilmu gaib dan khodam dan bukan tenaga dalam. Pada tingkat kesaktian yang tinggi seseorang melatih keilmuannya dengan dilambari kekuatan kebatinan. Laku prihatin, berpuasa bahkan tapa brata akan mengisi sehari-hari lakunya.

Kebanyakan laku olah kebatinan mereka ditujukan untuk meningkatkan kesaktian kanuragan, laku kebatinannya tidak secara khusus dilakukan untuk mempelajari olah spiritual. Karena itu kebanyakan laku spiritual yang tinggi dijalani oleh orang-orang yang sudah menepi, yang sudah mandito, yang sudah tidak lagi mengedepankan olah kesaktian untuk lebih mengedepankan laku kebatinan ketuhanan, yang kemudian dilanjutkan dengan laku spiritual ketuhanan. Spiritualitas yang tinggi biasanya adalah hasil dari laku kebatinan dan spiritual seseorang dalam rangka pencarian ketuhanan (karena Tuhan adalah materi spiritualitas yang tertinggi).


Karena itu orang-orang jaman dulu yang menekuni kebatinan dan spiritual biasanya adalah juga orang-orang yang berilmu kesaktian tinggi, yang sudah melewati masa-masa pelatihan olah kanuragan atau tenaga dalam. Bahkan banyak kemudian yang pada masa tuanya mengaso meninggalkan keduniawiannya, mandito, dan menepi, menjadi seorang panembahan atau pertapa, untuk lebih menekuni dunia kerohanian ketuhanan. Karena itu seorang panembahan atau pertapa biasanya adalah orang-orang yang mumpuni dalam ilmu kesaktian dan kebatinan, hanya saja kemudian kesaktiannya itu tidak kelihatan, karena mereka lebih mengedepankan sikap dan penampilan sebagai seorang yang sudah mandito, yang lebih menekuni dunia kerohanian, tidak lagi melulu keduniawian.

Seseorang yang menjalani laku kebatinan akan merasakan kekuatan kebatinannya di dada. Sesuai penguasaan dan pencapaiannya kekuatan kebatinannya itu akan mengisi kekuatan tangan, kaki, tubuh, menjadi kekuatan gaib yang melipatgandakan kesaktian kanuragan seseorang. Selain itu kegaiban sukma dari laku kebatinannya akan membentuk dirinya menjadi seorang yang linuwih dan waskita. Pada penggunaannya selain kekuatan itu digunakan sebagai kekuatan yang mengisi tubuh untuk kanuragan, kekuatan itu juga dipusatkan di kepala, menjadi kekuatan spiritual.

Dalam proses awal laku kebatinan-spiritual, seseorang memusatkan perhatiannya secara batin, mengedepankan rasa dan kebatinan. Pada proses selanjutnya, orang itu memusatkan perhatiannya di kepala, mempertegas apa yang ada di "awang-awang", untuk menindaklanjuti ide / ilham dan bisikan gaib / wangsit untuk mempelajari lebih lanjut kesejatian spiritual dari sesuatu yang sedang dijalani sampai kepada aspek hakekatnya. Selanjutnya berdasarkan semua objek pengetahuan yang sudah dikuasai, dengan mendayagunakan aliran ide / ilham sebagai sumber inspirasinya ia akan melanjutkan pencariannya kepada objek-objek berikutnya sampai ke dimensi spiritual yang lebih tinggi lagi. Karena itu kebanyakan laku kebatinan dan spiritual seseorang akan menciptakan suatu kemampuan untuk mengetahui sesuatu yang sifatnya tinggi bagi orang kebanyakan, yang mengantarkannya menjadi seorang yang linuwih dan waskita.

Dalam laku pencarian spiritual itu olah kebatinan dan olah spiritual dilakukan secara bersama-sama, sehingga laku kebatinan dan laku spiritual menjadi satu kesatuan laku yang tidak dapat dipisahkan. Yang membedakan pencapaian masing-masing orang hanyalah sejauh mana laku kebatinan dan spiritual itu dilakukan oleh seseorang dan seberapa besar minat seseorang mempelajari sampai mendalam apa yang menjadi interest-nya. Selain itu pencapaian setiap orang juga dipengaruhi oleh "kecerdasan batin"-nya dan kepekaan batinnya untuk mendapatkan ide / ilham atau wangsit sebagai bahan untuk ditindaklanjuti. Energi di dada, cakra di ubun-ubun kepala dan cakra mahkota akan bekerja dengan sendirinya mengikuti proses laku kebatinan dan spiritual orang tersebut.

Tidak seperti di jaman sekarang yang orang memandang olah spiritual sebagai jenis keilmuan tersendiri yang berbeda dengan olah kebatinan yang kemudian secara khusus diajarkan / diwujudkan dalam kursus / perguruan meditasi pembangkitan kundalini, reiki, dsb, pada jaman dulu orang-orang yang benar menekuni dunia spiritual akan memahami bahwa olah laku kebatinan dan olah spiritual adalah sesuatu yang menyatu, merupakan satu kesatuan laku yang salah satunya tidak boleh diabaikan.

Ilmu kebatinan dan ilmu spiritual bukanlah jenis-jenis keilmuan yang berdiri sendiri-sendiri. Begitu juga dengan olah lakunya. Laku olah kebatinan biasanya dilanjutkan dengan olah spiritual, atau olah spiritual biasanya adalah kelanjutan dari laku kebatinan seseorang. Penggunaan kekuatan spiritual juga sebenarnya adalah kekuatan kebatinan yang kekuatannya difokuskan di kepala. Kekuatan spiritual dan tingkat spiritualitas seseorang akan lemah jika tidak didasari oleh olah kebatinan. Olah laku kebatinan merupakan pondasi bagi kemampuan spiritual seseorang.

Dengan demikian laku olah spiritual biasanya dijalani seseorang bersama-sama atau merupakan kelanjutan dari laku kebatinannya, sehingga olah spiritual itu sebenarnya bukanlah suatu jenis ilmu yang berdiri sendiri yang dipelajari secara tersendiri, tetapi sebenarnya berhubungan dan menjadi satu kesatuan dengan olah kebatinan dan merupakan tindak lanjut dari laku kebatinan. Dengan demikian seseorang yang menjalani laku spiritual biasanya adalah bagian dan kelanjutan dari laku kebatinannya dan seseorang yang menjalani laku kebatinan biasanya juga menguasai tingkat spiritualitas tertentu sesuai pencapaian spiritualnya pada bidang interest-nya masing-masing.

Begitu juga dalam laku melatih energi kekuatan spiritual, biasanya juga dijalani dengan kombinasi kebatinan. Pada jaman dulu orang-orang yang sedang khusus menjalani laku kebatinan dan spiritual (olah batin) biasanya akan melakukannya dengan jalan menyepi, berpuasa, semadi, atau tapa brata. Selain dilakukan untuk tujuan mendapatkan pencerahan spiritual yang terkait dengan kesaktian atau dunia spiritual dan untuk menambah tinggi kekuatan kesaktian dan spiritualitas mereka, kekuatan dari laku mereka itu juga akan menambah tinggi kekuatan sukma mereka.

Karena itu jika kita sudah masuk ke dunia kebatinan sebaiknya kita juga mempelajari sisi spiritual dari apa yang sedang kita jalani itu, supaya kita juga mengetahui secara mendalam apa yang sedang kita jalani itu dan bisa mengetahui potensi dan arah pengembangannya dari apa yang menjadi interest kita itu.



Lambang-Lambang Pencapaian Spiritual

Bila anda memiliki kemampuan untuk melihat gaib, dan bila kemampuan anda itu sangat tajam dan dalam, anda akan dapat melihat suatu lingkaran aura cahaya, yang biasa disebut halo di belakang kepala orang-orang yang sudah menekuni dunia olah spiritual. Halo ini adalah pancaran cahaya aura energi dari kekuatan spiritual yang telah dicapai oleh seseorang. Semakin luas / lebar lingkarannya menandakan kuatnya spiritualitasnya.

Selain kekuatan spiritualitas yang ditandai oleh luas lingkarannya, ada bentuk / tanda lain dari halo yang melambangkan tingkat dimensi pengetahuan gaib yang telah dicapai oleh seseorang, yaitu warna dari cahaya halo tersebut. Tingkatan dimensi pengetahuan gaib ini terutama terkait dengan hal-hal gaib tingkat tinggi yang tidak dapat diketahui bila hanya mengandalkan kemampuan berpikir saja, kebatinan saja atau mengandalkan kemampuan melihat gaib dengan cakra mata ketiga saja, seperti untuk mendeteksi dan mengetahui keberadaan mahluk halus berdimensi tinggi seperti dewa dan buto, pengetahuan gaib tentang dewa dan wahyu dewa, dan untuk mengetahui ada tidaknya suatu wahyu pada diri seseorang yang kewahyon, atau pengetahuan tentang kesejatian hidup dan pengetahuan tentang kesejatian Tuhan (walaupun mungkin hanya sebatas 'Cahaya' -Nya saja).

Warna cahaya lingkaran halo sesuai urutan tingkatannya adalah sbb :
1. Warna Ungu.
2. Warna Kuning.
3. Warna Emas.
(Warna emas adalah tingkatan tertinggi).


Biasanya pancaran cahaya halo di belakang kepala seseorang sangat sulit dilihat, termasuk oleh orang-orang yang bisa melihat gaib, apalagi kalau energi halo-nya tipis, tidak tebal, dan belum berwarna. Biasanya pancaran cahaya halo ini hanya dapat dilihat oleh orang yang kemampuan melihat gaibnya sangat tajam dan dalam. Tetapi lingkaran halo yang warnanya tebal (kuat) mungkin akan lebih mudah dilihat daripada yang pancaran sinarnya tipis. Tebal - tipisnya warna cahaya lingkaran halo itu melambangkan kedalaman pengetahuan spiritual yang dikuasai seseorang sesuai tingkatan pengetahuannya masing-masing.

Sinar lingkaran halo berwarna kuning dan emas menandakan bahwa orang tersebut sudah menjalani tingkatan pengetahuan spiritual dimensi yang tertinggi, yaitu spiritual ketuhanan, biasanya adalah laku kebatinan dan spiritual dalam rangka pencarian ketuhanan. Laku spiritual ketuhanan ini dijalani dengan perbuatan nyata untuk menemukan "Sosok" Tuhan dan aspek ketuhanan lainnya dan untuk menelisik kesejatian dari laku ketuhanannya dengan cara olah kebatinan dan spiritual, yang itu dijalani bukan dengan jalan mempelajari atau mendalami agama saja, bukan juga dengan hanya mewirid / membaca doa atau amalan doa.

Tuhan (Sosok Tuhan, Pribadi Tuhan dan kesejatianNya) adalah materi spiritualitas yang tertinggi.
Karena itu tidak banyak orang yang mampu mencapai pengetahuannya, tidak banyak orang yang mampu dengan benar mengenal Tuhan (Sosok, Pribadi Tuhan dan kesejatianNya), lebih banyak orang yang untuk menutupi ketidaktahuannya tentang Tuhan memunculkan dogma dan pengkultusan tentang Tuhan seolah-olah dirinya benar mengenal Tuhan. Karena itu orang-orang yang benar sudah melakukan laku spiritual pencarian ketuhanan biasanya memiliki lingkaran halo di belakang kepalanya sebagai tanda kuatnya laku spiritualnya.

Uraian di atas adalah uraian mengenai lambang-lambang pencapaian spiritualitas seseorang.

Yang menjadi kekuatan energi spiritual seseorang adalah kepadatan energi di cakra ubun-ubun kepala dan cakra mahkota. Bila dihubungkan / diperbandingkan dengan mahluk halus, energi kekuatan spiritual ini bukan hanya dapat digunakan untuk menghadapi mahluk halus kelas rendah seperti dedemit dan jin kelas bawah, tetapi juga bisa digunakan untuk berhadapan dengan kekuatan mahluk gaib tingkat tinggi yang lebih daripada buto.

Berikut ini Penulis menuliskan tips praktis latihan memperkuat energi kebatinan dan spiritual yang kekuatannya dipusatkan di kepala.

Dalam proses awal laku kebatinan-spiritual, seseorang memusatkan perhatiannya secara batin, mengedepankan rasa dan kebatinannya. Pada proses selanjutnya, orang itu memusatkan perhatiannya di kepala, mempertegas apa yang ada di "awang-awang", untuk menindaklanjuti ide / ilham dan bisikan gaib / wangsit untuk mempelajari lebih lanjut kesejatian spiritual dari sesuatu yang sedang dijalani. Selanjutnya berdasarkan semua ide / ilham tersebut ia akan melanjutkan pencariannya sampai ke dimensi spiritual yang lebih tinggi. Karena itu kebanyakan laku kebatinan dan spiritual seseorang akan menciptakan suatu kemampuan untuk mengetahui sesuatu yang sifatnya tinggi bagi orang kebanyakan, yang mengantarkannya menjadi seorang yang linuwih dan waskita.

Dalam tulisan berjudul Menayuh Keris dan Olah Rasa dan Kebatinan. Penulis sudah menuliskan langkah-langkah praktis olah rasa dan melihat gaib secara batin. Setelah dalam latihan itu anda dapat menerima gambaran sosok halusnya, kemudian fokuskan batin (memfokuskan batin, bukan pikiran) untuk mempertegas gambaran sosok halusnya, sehingga kemudian dapat terlihat sosoknya secara mendetail. Kalaupun anda tidak bisa melihat sosoknya secara mendetail, minimal anda bisa tahan kuat lama tidak putus berfokus batin kepada sosok halusnya (lebih baik sambil diajak berkomunikasi).

Dengan cara itu saja anda akan bisa merasakan beban yang berat di kepala (di dahi / mata dan di ubun-ubun), yang jika sudah terlatih dan terbiasa nantinya kekuatan energi di kepala (cakra di ubun-ubun kepala) akan meningkat kekuatannya. Kekuatan dan kepadatan energi di kepala itu pada tingkatan tertentu yang tinggi akan memunculkan suatu gambaran gaib lingkaran halo (aura energi) yang tebal-tipisnya auranya dan lebar-sempitnya lingkaran halo itu akan sesuai dengan pancaran aura energi dari kekuatan energi cakra di kepala anda (tetapi gambaran halo itu belum berwarna).

Jika anda mampu fokus pada sosok-sosok halus tingkat tinggi, seperti bangsa jin yang kesaktiannya tinggi, atau sesosok halus yang berdimensi tinggi seperti dewa, maka gambaran halo di kepala anda akan menampakkan warna, sejalan dengan kemampuan anda fokus pada hal-hal gaib yang berdimensi tinggi.

Cara lainnya adalah dengan cara mendeteksi orang-orang yang di dalam tubuhnya, di dalam badannya atau di dalam kepalanya, ada ketempatan sesosok mahluk halus, baik itu bangsa jin yang sosoknya berbulu hitam tinggi besar, bangsa jin yang sosoknya seperti manusia laki-laki kekar bertelanjang dada, sukma (arwah) manusia bapak-bapak berjubah atau ibu-ibu, ataupun jenis sosok-sosok halus lainnya.

Mahluk halus yang berdiam di dalam tubuh manusia, di dalam badan atau di kepala, biasanya sulit untuk dilihat sosok wujudnya, biasanya mereka akan sengaja menipu, memberikan gambaran ilusi / halusinasi dan ilham / bisikan gaib yang menyesatkan orang-orang yang berusaha mendeteksinya. Karena itu sudah umum kalau orang-orang yang mengerti gaib akan mengatakan bahwa orang-orang yang ketempatan mahluk halus di dalam tubuhnya itu sebagai memiliki sesosok gaib penjaga, bisa dikatakannya berwujud harimau, prajurit, laki-laki ksatria, dsb. Padahal jika benar melihatnya, sosok-sosok yang disebutkan itu sebenarnya tidak ada. Itu hanya ilusi / halusinasi dan bisikan gaib fiktif.

Karena itu pada kasus orang-orang yang ketempatan mahluk halus, jika keberadaan mahluk halusnya bersifat negatif / mengganggu, jarang sekali ada orang yang mampu menanggulanginya, karena deteksiannya sendiri tidak benar. Ditambah lagi jika pelakunya adalah dari jenis sukma manusia, kebanyakan sifatnya menjadi kegaiban tingkat tinggi, karena banyak di antara mereka sukma-sukma itu yang berkesaktian gaib tinggi, juga mereka menutupi keberadaannya dengan sejenis ilmu halimunan yang membuat keberadaan mereka semakin tersamarkan.

Mahluk halus yang menjadi khodam pendamping seseorang biasanya tidak sulit untuk dilihat, tetapi yang berdiam di dalam tubuh seseorang biasanya sulit sekali untuk dilihat wujud sosoknya. Ini bisa menjadi latihan kita untuk mendeteksi dan menegaskan sosok wujud mahluk halusnya, menjadi latihan fokus penglihatan gaib pada kegaiban tingkat tinggi (tapi tidak terlalu tinggi). Dengan cara latihan ini juga kita akan bisa merasakan beban yang berat di mata / kepala. Tetapi dalam melakukannya sebaiknya hati-hati. Lakukanlah dengan sopan.

Cakra mahkota adalah sebentuk energi di atas kepala (di atas ubun-ubun) yang bentuknya seperti corong bersusun 2 yang terbentuk sesudah cakra di ubun-ubun kuat dan padat energinya dan orangnya aktif menjalani dunia spiritual.

Cakra mahkota dan halo akan terbentuk dengan sendirinya jika anda sudah masuk ke dunia spiritual, sudah menyelami dunia kegaiban berdimensi tinggi, yang bukan hanya sekedar bisa melihat gaib, tetapi juga bisa melihat gaib-gaib berdimensi tinggi, menjalani pengetahuan-pengetahuan yang bersifat kegaiban tingkat tinggi, seperti mengenai kesejatian dewa dan wahyu dewa, kesejatian hidup dan rahasia kehidupan manusia setelah kematian, dan pencarian "Sosok Tuhan".

Dengan demikian cakra mahkota dan halo itu adalah bentukan energi di atas kepala sesudah cakra di ubun-ubun aktif bekerja dan kuat energinya untuk mengakomodir aktivitas spiritual anda, bukan sesuatu yang alami ada pada setiap orang. Terbentuknya cakra mahkota, warna halo dan lebarnya lingkaran halo akan sejalan dengan kekuatan dan pencapaian spiritual anda.

Halo dan cakra mahkota bukan sesuatu yang alami ada pada setiap orang, dan tidak mudah untuk orang bisa memiliki halo dan cakra mahkota.
Sekalipun ilmu gaib, tenaga dalam, reiki, kundalini, kebatinan atau sukma anda berkekuatan tinggi dan sudah bergelar Master, belum tentu anda punya halo dan cakra mahkota. Mungkin baru cakra di ubun-ubun saja yang sudah terbuka. Lagipula tidak semua orang bisa melihat adanya cakra mahkota dan halo.
Halo dan cakra mahkota baru akan terbentuk dan mapan sesudah cakra di ubun-ubun kuat dan padat energinya dan anda sudah terbiasa merambah dunia kegaiban tingkat tinggi.
Jadi anda perlu bersabar dan bertekun ke arah itu kalau anda memang menginginkannya.


Ada juga yang disebut aura spiritualitas.
Aura spiritualitas juga bukan sesuatu yang alami ada pada setiap orang.

Aura dasar manusia ada 4 macam, yaitu :
1. Aura energi tubuh / organ-organ tubuh (dan penyakit),
2. Aura psikologis (dan suasana hati),
3. Aura kejiwaan / kepribadian (lebih bersifat permanen) dan
4. Aura spiritualitas.
Itu adalah aura-aura dasar manusia. Masing-masing aura memiliki arti perlambang sendiri-sendiri.
Aura-aura lainnya adalah kembangan dari itu.
Aura-aura itu lebih mudah dilihat daripada halo dan cakra mahkota.

3 aura yang pertama adalah aura dasar yang alami ada pada setiap orang, tetapi aura spiritualitas tidak.
Aura spiritualitas bukan sesuatu yang alami ada pada setiap orang.
Aura spiritualitas adalah pancaran aura dari roh / sukma seseorang yang sudah menjalani kerohanian / spiritual ketuhanan (yang bukan sebatas menekuni / mendalami agama saja).

Pada tingkatan dasar aura spiritualitas akan tampak pada aura wajah seseorang yang tekun berdoa kepada Tuhan dan ia menghayati ketuhanan. Aura wajahnya terang dan putih bersih.
Pada orang-orang yang menjalani kebatinan dan spiritual ketuhanan, yang sukma orangnya sudah berkekuatan tinggi dan sungguh-sungguh ia menghayati ketuhanan, seluruh tubuhnya akan memancarkan aura putih terang.
Terlebih lagi pada orang-orang yang mengkondisikan seluruh kekuatan tubuh dan sukmanya pada kebatinan dan spiritual ketuhanan, aura spiritual tubuhnya akan berwarna kuning terang (atau kuning keemasan).

Adanya aura spiritual yang putih bersih atau kuning bukan berarti orangnya suci dan bersih hatinya, karena bisa saja ia mempunyai pikiran lain yang menyimpang. Aura spiritual itu adalah aura dari kuatnya laku penghayatan ketuhanannya yang belum tentu orangnya sendiri suci bersih hatinya dan menjalankan semua aspek ketuhanan dalam hidupnya.

Jadi aura spiritual itu tidak bisa dijadikan patokan untuk kita menilai kesucian hati. Untuk menilai kesucian hati dan kebersihan hatinya kita harus melihat aura kejiwaan / kepribadiannya apakah berwarna putih terang dan bersih ataukah berwarna hitam / gelap ataukah ada kekotoran di dalamnya, karena aura kejiwaan itu adalah sesuatu yang menyatu dengan kejiwaan orangnya dan menggambarkan juga sikap hati dan pikirannya.

Dan dalam hal ini kita harus juga bisa membedakan antara agama dengan ketuhanan.
Tentang ketuhanan dan orang-orang yang kuat menjalani penghayatan ketuhanan, apapun agamanya, bisa memunculkan aura spiritual putih bersih atau kuning terang seperti di atas.

Tetapi orang-orang yang kuat pada agamanya, yang orangnya agamis dan rasa keagamaannya tinggi, justru bisa memunculkan aura spiritual berwarna hitam / gelap di wajahnya yang karena tingginya rasa keagamaannya itu sudah memunculkan rasa jahat di hatinya terhadap orang lain. Apalagi pada orang-orang yang sangat agamis tapi menyimpang dari ketuhanan, yang orangnya berhati dan berpikiran jahat dan juga menyebarkan rasa jahat, kebencian dan permusuhan, bukan hanya sinar wajahnya, tubuhnya juga akan beraura gelap.



Contoh tokoh manusia yang telah menekuni dunia kebatinan dan spiritual tingkat tinggi adalah Budha Gautama, dengan lingkaran halo berwarna kuning dan tepi lingkarannya berwarna emas. Budha Gautama adalah seorang bangsawan yang telah meninggalkan keduniawiannya untuk menjalani panggilan hidup sebagai seorang spiritualis yang akan menerangi orang lain agar menjadi lebih baik kualitas kepribadiannya sebagai manusia. Seorang spiritualis sejati, yang karena panggilan hidupnya telah menjalani berbagai macam laku prihatin dan tirakat dan telah meninggalkan semua pamrih keduniawian untuk mencapai tujuannya. Beliau telah mencapai tahapan "Pencerahan" setelah mengenal sifat-sifat Tuhan dari "Cahaya" -Nya dan karenanya kemudian juga mengetahui banyak rahasia kehidupan, sehingga menjadi seorang yang "Tercerahkan" dan mendedikasikan dirinya sesuai panggilan hidupnya.

Sesuai pencapaiannya itu juga segala keilmuan kesaktian kanuragan, kebatinan dan spiritualnya menjadi seperti "bertumbuh-bertambah", karena beliau telah menguasai sisi filosofis / kesejatian dari keilmuannya, menjadi seorang yang digdaya, linuwih dan waskita, jiwa dan raganya. Karenanya, beliau menjadi seorang yang memiliki kesaktian "super" dibandingkan manusia lain, semasa hidupnya di dunia maupun sukmanya sekarang di alam roh. Dan atas dedikasinya pada panggilan hidupnya itu telah menjadikannya seorang tokoh manusia yang memiliki hikmat kebijaksanaan kesepuhan yang digunakannya untuk menerangi dan mengayomi orang lain.

Dewi Kuan Im adalah salah satu dewa yang telah memberinya wahyu besar keilmuan dan spiritual, dan beliau mengetahui itu. Karena itu beliau sangat menghormati sang Dewi.


SEKIAN DULU LAIN KALI KITA SAMBUNG LAGI.....

4 comments:

  1. Bisa minta no contactnya ? WA atau BBM mgkn ?

    ReplyDelete
  2. Klo gk keberatan sy minta no hp sahabat wong fakir....terima kasih sblmnya

    ReplyDelete
  3. "Bandar togel singapore terbaik indonesia

    POIN4D ADALAH SALAH SATU SITUS / BANDAR TOGEL ONLINE YANG AMAN DAN TERPERCAYA!
    BERGABUNG DAN BERMAIN DI POIN4D , ANDA BISA RASAKAN KEPUASAN DAN KENYAMANAAN NYA!
    RAIH DISCOUNT & PROMONYA SEKARANG JUGA!!! BURUAN DAFTAR KUNJUNGI SITUSNYA DISINI LINK :
    www•4DPOIN•com | www•4DPOIN•org | www•4DPOIN•net
    ➖6 PASARAN TOGEL➖
    📽️ LIVE DD48 DINDONG
    ☑ SYDNEY POOLS
    ☑ RAJA AMPAT POOLS
    ☑ SINGAPORE POOLS
    ☑ BALI POOLS
    ☑ IBIZA POOLS
    ☑ HONGKONG POOLS
    ➖➖HADIAH & DISCOUNT➖➖
    ⇲ LIVE DINDONG 48 BALL
    ⇲ BONUS CASHBACK UP 5%
    ⇲ BONUS PRIZE 2 & PRIZE 3
    ⇲ BONUS NEW MEMBER 10RB
    ⇲ BONUS REFFERAL 2%
    ⇲ BONUS LUCKY DRAW JP500RB
    ⇲ BBFS READY !
    Melayani support bank : BCA | MANDIRI | BNI | BRI
    Info Lebih lanjut silahkan Kunjungi website Kami
    Bertanya kepada CS yang bertugas ...
    ➖➖KONSULTASI➖➖
    ★Pin BBM2 : D1A279B6
    ★Whatsapp : +85598291698
    ★Facebook : OfficialPOIN4D
    ★IDLine : POIN4D
    🔘 KEPUASAN ANDA TUJUAN UTAMA KAMI!!! "

    ReplyDelete
  4. kalau boleh tau saya minta Nomor Whatsapp atau Facebook?Untuk bisa dihubungi maaf saya fakir ilmi

    ReplyDelete

Compare hotel prices and find the best deal - HotelsCombined.com

Labels